Kamis, 19 April 2018

CAPAIAN

Akuntabilitas kinerja lima satker Kedeputian Bidang IPSK-LIPI menunjukkan indikator keberhasilan Kedeputian Bidang IPSK-LIPI dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana telah digariskan di dalam Renstra Kedeputian Bidang IPSK-LIPI 2015-2019 dan mengacu kepada Renstra LIPI 2015-2019.

LIPI mentargetkan berbagai capaian dalam rangka mewujudkan 6 (enam) tujuan LIPI sebagai berikut:

  1. Memperkuat kompetensi inti (melalui penelitian dan pengembangan) untuk menciptakan dan menemukan pengetahuan baru yang berdampak luas, dicapai melalui dua sasaran yaitu sasaran 1 dan 2.
  2. Meningkatkan nilai invensi
  3. Mendorong terciptanya kebijakan strategis dalam upaya penegakan good governance, dicapai melalui sasaran 6 dan 7.
  4. Turut meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam berperilaku rasional (ilmiah) dan humanis melalui peningkatan akses masyarakat terhadap pengetahuan, dicapai melalui sasaran 8 dan 9.
  5. Turut memperjuangkan kepentingan nasional dan posisi tawar Indonesia di dunia internasional melalui peningkatkan kontribusi dan keterlibatan ilmiah Indonesia pada tingkat internasional, dicapai melalui sasaran 10.
  6. Meningkatkan, memelihara dan memanfaatkan sarana/prasarana penelitian, infrastruktur dan standar ilmiah, dokumentasi dan pemanfaatan informasi ilmiah untuk memantapkan sistem manajemen kelembagaan, dicapai melalui sasaran 11, 12 dan 13.

Oleh karenanya, dalam rangka mewujudkan tujuan untuk menghasilkan karya-karya penelitian ilmu sosial dan kemanusiaan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat luas, Kedeputian Bidang IPSK memfokuskan pada delapan sasaran strategis yang telah ditetapkan LIPI sebagai berikut:

SS 1      Meningkatnya kontribusi LIPI terhadap daya saing bangsa berbasis hasil penelitian.

SS 3      Meningkatnya rekomendasi kebijakan berbasis hasil penelitian.

SS 4      Meningkatnya hasil penelitian yang berorientasi pada nilai tambah Sumber Daya  dan perlindungan lingkungan.

SS 6      Meningkatnya jejaring dan kerjasama ilmiah nasional dan internasional yang berkualitas dan saling menguntungkan.

SS 7      Meningkatnya rujukan ilmiah dan informasi iptek yang diakses masyarakat.

SS 8      Meningkatnya pengembangan kompetensi SDM penelitian Indonesia.